Forum Diskusi Mata Kuliah PTI


Bagi Kelas NR-UNJ yang masih berdiskusi. monggo silahkan di manfaatkan media ini….

Silahkan.!!!

Iklan

10 Comments

  1. Kalo menurut saya perlu, karena belom tentu koleksi buku di perpustakaan digital itu lengkap. Nah pelengkap nya itu perpustakaan biasa.

  2. menurut saya masih.. karena mayoritas yang ada belum sepenuhnya mengerti mengenai perpustakaan digital..

  3. Sebelumnya kami mohon maaf, kami ingin menanyakan kembali kepada saudara Akbar, yang dimaksud dengan perpustakaan digital disini maksudnya apa? Apakah perpustakaan Online yg dapat diakses oleh publik atau perpustakaan yg hanya dapat diakses di komputer2 anjungan yg ada di perpustakaan?

  4. murdani indrati sidik
    komentar : menurut saya walaupun saat ini sedang berkembangnya era digital salah satunya perpustakaan digital, keberadaan data analog tetap dibutuhkan dengan pertimbangan bahwa kekuatan data salah satunya ada diatas kertas (hitam diatas putih), walau demikian dengan adanya perpus digital kita dapat meminimalisir perangkat dan efisiensi waktu.

    pertanyaan :
    1. Perpustakaan yang diangkat disini apakah sekedar katalog digital atau sampai dengan buku-buku dalam bentuk softcopy/e-book.
    2. Jika sampai dengan menyediakan buku-buku dalam bentuk softcopy/e-book lantas bagaimana dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari penulisnya? mohon penjelasan dari teman-teman….
    balas

    1. sya akan mencoba menjawab pertanyaaan dari saudara murdani ..
      1) kelompok kami dalam presentasi kemarim membahasnya samapai dengan buku dalam bentuk softcopy..
      2) untuk masalah Haki sendiri saya akan mengambil contoh dari BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) yang di buat oleh pemerintah untuk mempermudah pembelajaran Siswa SD – SMA serta menungkat kan mutu pendidikan …
      di sini kemendiknas selaku pemerintah yang membeli HAK CIpta atas buku yang di buat oleh pengarang dan di perboleh kan di download dan di perbanyak secara cuma cuma (apabila ingin di cetak maka kemendiknas di sini menetapkan harga tertinggi hanya untuk mengganti biaya pencetakan)
      dalam web http://bse.kemdiknas.go.id/ yang saya kutip ini ia mempunya koleksi buku :
      “Tersedia total 927 buku, Terdiri atas:
      291 Buku SD
      154 Buku SMP
      276 Buku SMA
      204 Buku SMK
      2 Buku BAHASA”
      dan BSE sendiri merupakan salah satu contoh manfaat ICT dalam bidang pendidikan khususnya Perpustakan namun BSE blm sangat komplex dalam menyediakan buku hanya menyediakan buku Panduan Paket Belajar Siswa

      demikian penjelasan saya selaku perwakilan kelompok , kurang lebih nya saya mohon maaf atas jawaban saya mungkin bisa di koreksi atau di tambahkan oleh yang lain .

  5. ya , saya setuju dengan pendapat saudara nadya karena untuk saat ini perpustakaan berbasis ICT hnya sebatas pencarian katalog dan pembacaan elektronik di anjungan anjungan perpustakaan belum menyeluruh secara sepuh nya elektronik…
    demikin pendapat dari saya selaku perwakilan kelompok ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s