OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sumber : dokumentasi http://www.schooltechnology.org

Melihat Paradigma pemanfaatan ICT dalam pembelajaran merubah beberapa cara dan metode dalam proses pembelajaran. menggunakan media sederhana, sampai memanfaatkan media paling canggih dan teranyar dalam perkembangan ICT, Tablet PC semisalnya

Tablet PC adalah komputer portable yang berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer, didukung dengan teknologi Wifi dan HSDPA untuk koneksi internet.

Komputer tablet ini merupakan komputer mobile, lebih besar daripada ponsel atau personal digital assistant (PDA) yang diintegrasikan ke dalam layar sentuh datar dan terutama dioperasikan dengan menyentuh layar daripada menggunakan keyboard fisik.

Istilah Tablet PC juga dapat diaplikasikan pada berbagai faktor bentuk yang berbeda dalam posisi layar sehubungan dengan keyboard. Bentuk standar tablet tidak memiliki keyboard terintegrasi tetapi dapat terhubung ke satu dengan link nirkabel atau port USB.

Komputer notebook Convertible memiliki keyboard yang terintegrasi dan dapat disembunyikan oleh sendi putar atau sendi geser, mengekspos hanya layar sentuh untuk operasinya.

Komputer Hibrida memiliki keyboard yang bisa dilepas sehingga layar sentuh dapat digunakan sebagai tablet yang berdiri sendiri. Buklet termasuk dual-sentuh, dan dapat digunakan sebagai notebook dengan menampilkan keyboard virtual dalam salah satu darinya.

Contoh-contoh awal dari konsep tablet berasal dari abad 19 dan 20 terutama sebagai prototipe dan ide konsep; Dynabook Alan Kay dari 1968. Perangkat portable elektronik Komersial pertama berdasarkan konsep yang muncul pada akhir abad ke-20.

Selama tahun 2000-an Microsoft berusaha membuat lini produk yang berhasil merilis Microsoft Tablet PC, yang disegmentasikan pada rumah sakit dan bisnis di luar ruangan.

Pada tahun 2010, Apple merilis iPad, yang menggunakan sistem operasi dan teknologi layar sentuh yang mirip dengan yang digunakan pada iPhone dan menjadi tablet komputer mobile pertama untuk mencapai keberhasilan komersial di seluruh dunia. Hal ini telah memicu pasar baru untuk komputer tablet dan berbagai produsen lain telah menghasilkan versi mereka sendiri, termasuk Samsung, HTC, Motorola, RIM, Sony, Amazon, HP, Microsoft, Archos dan banyak lainnya.

Masing-masing merk tablet bersaing denga menggunakan berbagai sistem operasi, meskipun pesaing utama adalah iOS (Apple), Android (Google), Windows (Microsoft) dan QNX (RIM).

Pada tahun 2012 31% dari pengguna internet di AS dilaporkan memiliki tablet, yang digunakan terutama untuk konten yang diterbitkan seperti video dan berita.

Fungsi dari komputer tablet adalah:

  1. Fungsi Wireless Browser seluler (menggunakan 2G, 3G, 4G atau WiFi)
  2. E-mail dan perangkat media sosial (biasanya dengan aplikasi integrasi untuk membawa semua feed ke tampilan yang sama)
  3. Fungsi yang terdapat pada ponsel seperti (Messaging, video calling, speakerphone atau headset menggunakan ponsel)
  4. GPS navigasi satelit
  5. Stills dan fungsi kamera video, foto dan video melihat dan mengedit
  6. E-book bacaan (termasuk versi elektronik dari majalah)
  7. Download aplikasi (game, pendidikan, utilitas)
  8. Portable media player (Alat pemutar media)
  9. Berat sekitar satu atau dua pound (0,5 – 1 kg)
  10. Lama Baterai tiga sampai dua belas jam tergantung pada pola penggunaan
yang menjadi pertanyaan apakah bisa tablet pc (atau spesifik saya tuliskan IPAD) bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas, atau di luar kelas???
jawabannya akan disampaikan pada postingan selanjutnya, dikarenakan penulis sedang melaksanakan informal Research, dengan memanfaatkan IPAD sebagai tools dalam proses pembelajaran pada semester ini dikelas. soo.. lihat postingan selanjutnya yah…
Teach with technology..!!!!!